CARA MENENTUKAN KKTP DALAM KURIKULUM MERDEKA
![]() |
Pic by Gurnulis.id |
BEBERAPA PENDEKATAN DALAM MENENTUKAN KRITERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN ( KKTP ) PADA KURIKULUM MERDEKA
Deskripsi Kriteria adalah Kriteria yang terdiri dari beberapa komponen /pertimbangan ketercapaian tujuan, kemudian menentukan ketercapaian tujuan tersebut dengan melihat apakah komponen tersebut sudah memadai atau belum memadai
Misal 4 Kriteria maka siswa mencapai tujuan / tuntas jika 3 minimal kriteria memadai
Peserta Didik Mampu Menulis Laporan Hasil Pengamatan Dan Wawancara
No | Kriteria / Komponen | Tidak memadai | Memadai |
1. | Laporan menunjukkan kemampuan penulisan teks eksplanasi dengan runtut | V | |
2. | Laporan menunjukkan hasil pengamatan yang jelas | V | |
3. | Laporan menceritakan pengalaman secara jelas | V | |
4. | Laporan menjelaskan hubungan kausalitas yang logis disertai dengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca | V |
Kesimpulan :
Tuntas (mencapai tujuan pembelajaran) jika minimal 3 dari 4 kriteria memadai
Kategori tidak tuntas, Jika ada 2 kriteria tidak memadai maka perlu dilakukan intervensi
KKTP : 3 dari 4 Kriteria atau 75% Kriteria Terpenuhi
2. KKTP Menggunakan Rubrik
Sebutan kualifikasi misal :
- Mulai Berkerbang, Layak, Cakap dan Mahir.
- Perlu Intervensi, Kurang, Baik dan Sangat Baik
- Atau sebutan/kualifikasi lain
Contoh :
Dalam tugas menulis laporan, pendidik menetapkan kriteria ketuntasan yang terdiri atas dua bagian : Isi laporan dan penulisan.
Dalam rubrik terdapat empat tahap pencapaian, dari baru berkembang, layak, cakap hingga mahir. Dalam setiap tahapan ada deskripsi yang menjelaskan performa peserta didik.
Eviden | Belum Berkembang | Mulai Berkembang | Berkembang Sesuai Harapan | Sangat Berkembang | |
Isi laporan
| Belum mampu menulis teks eksplanasi, hasil pengamatan, dan pengalaman belum jelas tertuang dalam tulisan. Ide dan informasi dalam laporan tercampur dan hubungan antara paragraf tidak berhubungan.
| Mampu menulis teks eksplanasi, hasil pengamatan,dan pengalaman secara jelas. Laporan menunjukkan hubungan yang jelas di sebagian paragraf.
| Mampu menulis teks eksplanasi, hasil pengamatan,dan pengalaman secara jelas. Laporan menjelaskan hubungan kausalitas yang logis disertai dengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca | Mampu menulis teks eksplanasi, hasil pengamatan,dan pengalaman secara jelas. Laporan menjelaskan hubungan kausalitas yang logis disertai dengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca serta ada fakta-fakta pendukung yang relevan. | |
Penulisan (tanda baca dan huruf kapital)
| Belum menggunakan tanda baca dan huruf kapital atau sebagian besar tidak digunakan secara tepat. | Sebagian tanda baca dan huruf kapital digunakan secara tepat. | Sebagian besar tanda baca dan huruf kapital digunakan secara tepat | Semua tanda baca dan huruf kapital digunakan secara tepat.
|
|
Kesimpulan :
Peserta didik dianggap sudah mencapai tujuan pembelajaran jika kedua kriteria/bukti kinerja di atas mencapai tahap cakap atau mahir
KKTP : MINIMAL CAKAP PADA KEDUA KRITERIA
3. KKTP Menggunakan Interval Nilai
Untuk menggunakan interval, guru dan/ atau satuan pendidikan dapat menggunakan rubrik maupun nilai dari tes. Guru menentukan terlebih dahulu intervalnya dan tindak lanjut yang akan dilakukan untuk para peserta didik.
Contoh : Untuk Nilai yang berasal dari Nilai Tes Tertulis atau Ujian
Interval | Kriteria | Intervensi |
0 – 40 % | Belum mencapai tujuan | Remedial Di Seluruh Bagian |
41 – 65 % | Belum Mencapai Tujuan | Remidial di bagian tertentu /dibutuhkan |
66 – 85 % | Sudah Mencapai Tujuan | Tidak perlu remidial |
86 – 100 % | Sudah Mencapai Tujuan | Perlu pengayaan atau tantangan yang lebih kompleks |
Jadi KKTP : 66 – 85 %
4. KKTP Menggunakan Interval Nilai Diolah Dari Rubrik
Pendidik dapat menggunakan interval nilai yang diolah dari rubrik.
Seperti dalam Tugas menulis laporan, pendidik dapat menetapkan empat kriteria ketuntasan :
- Menunjukkan kemampuan penulisan teks eksplanasi dengan runtut
- Menunjukkan hasil pengamatan yang jelas
- Menceritakan pengalaman secara jelas
- Menjelaskan hubungan kausalitas yang logis disertai dengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca
Untuk setiap kriteria terdapat 4 (empat) skala pencapaian ( 1 - 4 ).
Pendidik membandingkan hasil tulisan peserta didik dengan rubrik untuk menentukan ketercapaian peserta didik.
Belum muncul, muncul sebagian kecil, sudah muncul di sebagian besar, dan terlihat pada keseluruhan teks atau bentuk lain.
Contoh : Interval Nilai yang Diolah dari Rubrik
No | Kriteria / Komponen | Belum Muncul | Muncul Sebagian Kecil
| Sudah Muncul Di Sebagian Besar | Terlihat Pada Keseluruhan Teks |
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. | Laporan menunjukkan kemampuan penulisan teks eksplanasi dengan runtut |
| V | ||
2. | Laporan menunjukkan hasil pengamatan yang jelas |
| V | ||
3. | Laporan menceritakan pengalaman secara jelas |
| V | ||
4. | Laporan menjelaskan hubungan kausalitas yang logis disertai dengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca |
| V |
Kriteria : 66 – 85
Telah mencapai tujuan tanpa Remidial
Lengkapnya dapat dipelajari melalui Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka Tahun 2022
Social Plugin