CARA MENENTUKAN KKTP DALAM KURIKULUM MERDEKA

Pic by Gurnulis.id

BEBERAPA PENDEKATAN DALAM MENENTUKAN KRITERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN ( KKTP ) PADA KURIKULUM MERDEKA


1. KKTP Menggunakan Deskripsi Kriteria

Deskripsi Kriteria adalah Kriteria yang terdiri dari beberapa komponen /pertimbangan ketercapaian tujuan,  kemudian menentukan ketercapaian tujuan tersebut dengan melihat apakah komponen tersebut sudah memadai atau belum memadai

Guru Menetapkan KKTP dengan cara menetapkan banyaknya kriteria yang sudah dicapai peserta didik. 
Misal 4 Kriteria maka siswa mencapai tujuan / tuntas jika 3 minimal kriteria memadai  
Contoh : TP-1:
Peserta Didik Mampu Menulis Laporan Hasil Pengamatan Dan Wawancara

No

Kriteria / Komponen

Tidak memadai

Memadai

1.

Laporan menunjukkan kemampuan penulisan teks eksplanasi dengan runtut

 

V

2.

Laporan menunjukkan hasil pengamatan yang jelas

V

 

3.

Laporan menceritakan pengalaman secara jelas

V

 

4.

Laporan menjelaskan hubungan kausalitas yang logis disertai dengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca

 

V

Kesimpulan :

Tuntas (mencapai tujuan pembelajaran) jika minimal 3 dari 4 kriteria memadai

Kategori tidak tuntas, Jika ada 2 kriteria tidak memadai maka perlu dilakukan intervensi

KKTP : 3 dari  4 Kriteria atau  75%  Kriteria Terpenuhi 


2. KKTP Menggunakan Rubrik

Dimana Guru menyusun rubrik performa yang dapat memperlihatkan bukti kinerja.
Sebutan kualifikasi misal :
-  Mulai  Berkerbang, Layak, Cakap dan Mahir.
-  Perlu Intervensi, Kurang, Baik dan Sangat Baik
-  Atau sebutan/kualifikasi  lain

Contoh :

Dalam tugas menulis laporan, pendidik menetapkan kriteria ketuntasan yang terdiri atas dua bagian : Isi laporan dan penulisan.

Dalam rubrik terdapat empat tahap pencapaian, dari baru berkembang, layak, cakap hingga mahir. Dalam setiap tahapan ada deskripsi yang menjelaskan performa peserta didik.

Eviden

Belum Berkembang

Mulai Berkembang

Berkembang Sesuai Harapan

Sangat Berkembang

 

Isi laporan

 

Belum mampu menulis teks eksplanasi, hasil pengamatan, dan pengalaman belum jelas tertuang dalam tulisan. Ide dan informasi dalam laporan tercampur dan hubungan antara paragraf tidak berhubungan.

 

Mampu menulis teks eksplanasi, hasil pengamatan,dan pengalaman secara jelas.

Laporan menunjukkan hubungan yang jelas di sebagian paragraf.

 

Mampu menulis teks eksplanasi, hasil pengamatan,dan pengalaman secara jelas.

Laporan menjelaskan hubungan kausalitas yang logis disertai dengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca

Mampu menulis teks eksplanasi, hasil pengamatan,dan pengalaman secara jelas.

Laporan menjelaskan hubungan kausalitas yang logis disertai dengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca serta ada fakta-fakta pendukung yang relevan.

Penulisan (tanda baca dan huruf kapital)

 

Belum menggunakan tanda baca dan huruf kapital atau sebagian besar tidak digunakan secara tepat.


Sebagian tanda baca dan huruf kapital digunakan secara tepat.

Sebagian besar tanda baca dan huruf kapital digunakan secara tepat

Semua tanda baca dan huruf kapital digunakan secara tepat.

 

 

Kesimpulan :

Peserta didik dianggap sudah mencapai tujuan pembelajaran jika kedua kriteria/bukti kinerja  di atas mencapai tahap cakap atau mahir

KKTP : MINIMAL CAKAP PADA KEDUA KRITERIA


3. KKTP Menggunakan Interval Nilai

Untuk menggunakan interval, guru dan/ atau satuan pendidikan dapat menggunakan rubrik maupun nilai dari tes. Guru menentukan terlebih dahulu intervalnya dan tindak lanjut yang akan dilakukan untuk para peserta didik.

Contoh : Untuk Nilai yang berasal dari Nilai Tes Tertulis atau Ujian

Interval

Kriteria

Intervensi

0 – 40 %

Belum mencapai tujuan

Remedial Di Seluruh Bagian

41 – 65 %

Belum Mencapai Tujuan

Remidial di bagian tertentu /dibutuhkan

66 – 85 %

Sudah Mencapai Tujuan

Tidak perlu remidial

86 – 100 %

Sudah Mencapai Tujuan

Perlu pengayaan atau tantangan yang lebih kompleks

Jadi KKTP : 66 – 85 %


4. KKTP Menggunakan  Interval Nilai Diolah Dari Rubrik

Pendidik dapat menggunakan interval nilai yang diolah dari rubrik.

Seperti dalam Tugas menulis laporan, pendidik dapat menetapkan empat kriteria ketuntasan :

  1. Menunjukkan kemampuan penulisan teks eksplanasi dengan runtut
  2. Menunjukkan hasil pengamatan yang jelas
  3. Menceritakan pengalaman secara jelas
  4. Menjelaskan hubungan kausalitas yang logis disertai dengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca

Untuk setiap kriteria terdapat 4 (empat) skala pencapaian ( 1 - 4 ).

Pendidik membandingkan hasil tulisan peserta didik dengan rubrik untuk menentukan ketercapaian peserta didik. 

Ukuran yang dipakai dengan menggunakan :  
Belum muncul, muncul sebagian kecil, sudah muncul di sebagian besar, dan terlihat pada keseluruhan teks atau bentuk lain.

Contoh : Interval Nilai yang Diolah dari Rubrik

No

Kriteria / Komponen

Belum Muncul

Muncul Sebagian Kecil

 

Sudah Muncul Di Sebagian Besar

Terlihat Pada Keseluruhan Teks

1

2

3

4

1.

Laporan menunjukkan kemampuan penulisan teks eksplanasi dengan runtut

 

V

 

 

2.

Laporan menunjukkan hasil pengamatan yang jelas

 

 

V

 

3.

Laporan menceritakan pengalaman secara jelas

 

 

 

V

4.

Laporan menjelaskan hubungan kausalitas yang logis disertai dengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca

 

 

V

 

Siswa Memperoleh Skor :
2 + 3 + 4 + 3 = 12
Nilai        : 12 /16 x 100 =  75 
Kriteria  : 66 – 85 
Telah mencapai tujuan tanpa Remidial
KKTP  INTERVAL :  66 – 85


Lengkapnya dapat dipelajari melalui Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka Tahun 2022
Sumber Bacaan :
1. Permendikbudristek No. 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian
2. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka Tahun 2022